Workshop untuk Melahirkan Pengusaha Kreatif

Dikirim Arief Budiman

Tahun 2009 merupakan tantangan bagi Indonesia dan dunia akibat krisis ekonomi global. Namun pemerintah Indonesia telah mencanangkan 2009 sebagai Tahun Indonesia Kreatif. Dengan demikian dalam kerangka berpikir positif kita harus meyakini bahwa pembangunan ekonomi kreatif merupakan salah satu peluang guna mengantisipasi kondisi tersebut. Gagasan mendorong aktifitas perekonomian yang lebih berdaya saing, bersumber daya yang terbarukan dan berkesinambungan berbasis kreatifitas inilah yang menjadi perhatian Komunitas Kreatif Bali dalam membangun ekonomi kreatif menjadi penunjang perekonomian Bali yang prospektif.

Komitmen Komunitas Kreatif Bali melalui programnya akan terus diimplementasikan terutama melalui peningkatan kesadaran publik akan pentingnya pemberdayaan ekonomi kreatif yang berfondasi pada kekayaan dan potensi seni dan budaya Bali serta berproyeksi membangun Bali dengan lebih baik lagi melalui penguasaan ilmu pengetahuan dan informasi, serta pengembangan kreatifitas individu maupun kelompok, eksperimentasi di bidang kreativitas dan budaya berkolaborasi sebagai kontribusi bagi Bali khususnya, baik untuk saat ini maupun masa yang akan datang.

Komunitas Kreatif Bali adalah kelompok masyarakat dan insan kreatif yang menaruh perhatian terhadap pengembangan industri kreatif di Bali sebagai penggerak ekonomi kreatif Bali. Komunitas ini didirikan sebagai forum sosial yang diharapkan dapat menjadi wadah bagi terciptanya budaya kreatif, munculnya talenta kreatif baru, mendorong innovasi dan menumbuhkan semangat kewirausahaan.

Sebagai perwujudan dari komitmen tersebut, Komunitas Kreatif Bali telah mencanangkan suatu rangkaian program kreatif untuk tahun 2009 dan 2010 dalam kerangka membentuk dan menciptakan insan kreatif yang berwawasan bisnis dan mampu menjadi creative entrepreneur serta memiliki jiwa kepemimpinan yang mandiri. Rangkaian kegiatan tersebut diawali dengan pelaksanaan Workshop Creative Entrepreneur pertama sekaligus peluncuran program ini dengan judul “CREATIVE ENTREPRENEUR FORUM” pada:

Hari/Tanggal : Sabtu, 25 April 2009
Waktu : 09.00 – selesai
Tempat : Museum Bali Denpasar.
Ticket : Rp. 100.000 per orang include coffee break & makan siang

Pembicara dalam workshop kali ini adalah Aldi dari Bali Biz Consulting Bali, Marius Widyarto (Wiwied C59) dari C59 Bandung, serta Popo Danes dari Popo Danes Architect Bali. Ada pula talkshownya bertema Peluang Bisnis Kreatif di Era Ekonomi Kreatif dengan materi antara lain Music Business oleh Robin Malau serta Photography oleh Rio Helmi.

Bersamaan dengan acara ini akan diadakan beberapa mata acara penting yaitu:
1.    Presentasi Denpasar Creative City 2010
2.    Sosialisasi kompetisi International Young Creative Entrepreneurs British Council
3.    Pecha Kucha Night

Acara ini akan diselingi dengan hiburan dan atraksi kreatif dari komunitas maupun individu.

Acara ini melibatkan berbagai komunitas dan asosiasi yang ada di Bali sebagai gerakan membangun kemitraan tiga pilar (triple helix) antara kalangan pengusaha, pemerintah dan cendikiawan.

Untuk informasi silakan menghubungi:
Dayu
Bali Export Development Organization
c/o Bali Garden Hotel
Jl. Dewi Sartika-Kuta
Ph/Fax :+62 361 759282; 7909697
website : www.be-do.org

Bekerja di Matamera Communication Denpasar. Punya perhatian khusus di bidang desain, jazz, iklan, dan VW. Kini sedang gandrung dengan blog. Menulis di portal ini adalah bagian dari perjuangannya untuk mendorong warga Denpasar rajin ngeblog. Juga mengelola Warta Jazz.

Related posts

One Comment;

  1. daniel said:

    kami PINBOO Bandung hendak mempromosikan pruduk PIN, dlm berbagai model mulai seperti pin penitik,
    pin gantungan kunci bolak-balik, pin gantungan kunci+crop pembuka botol,
    pin magnet,dan pin gantunagn kunci 1 muka, kami juga menjual laminasi(glossy, salur/kanvas, gliter, dll)
    dan bahan baku pin mulai dari ukuran 25mm s/d 75mm.
    terimakasih..
    tlp. (022)91147817, (022)91357313
    http://www.pinboo.org
    proprint_pinboo@yahoo.com

*

*

Top