Menu Sederhana Rasa Sempurna

Warung Merta Sari Pesinggahan

Teks dan Foto Anton Muhajir

Setiap kali berkunjung ke Bali bagian timur, saya merasa belum lengkap tanpa mampir ke warung makan Merta Sari di Desa Pesinggahan Kabupaten Klungkung. Warung makan ini sangat sederhana untuk ukuran mereka yang biasa menikmati restoran kelas tinggi. Tapi, bagi saya, belum ada yang menandingi kenikmatan bersantap ikan laut di warung makan lesehan ini.

Tentu tidak saya saja. Sebab setiap kali saya mampir untuk bersantap, warung di dekat perbatasan Kabupaten Klungkung dan Kabupaten Karangasem ini selalu saja penuh dengan pengunjung dari Denpasar atau luar Bali sekalipun.

Warung berjarak sekitar 1 km dari pantai Pesinggahan ini menyediakan paket ikan laut lengkap. Ada pepes, sate lilit, dan sup ikan tuna. Sebagai tambahan ada kacang dan sayur plecing kacang panjang. Seperti halnya menu masakan Bali lainnya, makanan di sini pun disertai sambal matah berupa bawang merah, cabe kecil, sereh, dan baluran minyak kelapa. Pedasnya mantap. Karena itu ada pula kacang goreng untuk mengimbangi pedas sambal matah.

Pondok Makan Merta Sari
Jl Pesinggahan Kecamatan Dawan
Klungkung Bali
Telp 0366 – 30406

Jurnalis lepas, blogger, editor, dan nyambi jadi tukang kompor. Bekerja di lembaga donor yang mendukung petani kecil sambil nyambi nulis lepas di media arus utama ataupun media komunitas. Kuliner, jalan-jalan, isu LSM, HIV dan AIDS, pertanian berkelanjutan, dan kelompok terpinggirkan adalah isu yang membuatnya bersemangat 45 untuk menulis.

One Comment;

  1. wowok said:

    jadi inget waktu kkn….sate ikan+baso ikan+sambel matah….pinginnnn….
    apalagi baypas udah jadi khan jadi cepet dari dps….

*

*

Top