Lembut Betutu di Warung Liku

Oleh Anton Muhajir

Ayam Betutu Warung Liku

Ayam betutu di Warung Liku ini berbeda dari cara memasaknya. Kalau ayam betutu lain hanya dimasak dengan cara direbus dengan bumbu yang sangat pedas, maka ayam betutu ala warung ini juga dimasak dengan cara dibakar. Sisa-sisa pembakaran itu terlihat pada daging yang diwarnai beberapa titik hitam sisa.

Tak hanya secar fisik yang terlihat dengan titik-titik sedikit gosong di dagung, pembakaran itu juga membuat rasa yang beda pada dagingnya. Aroma arang untuk membakar membuat rasa daging ini lebih sedap. Karena daging ayam yang dipakai adalah ayam pejantan, seperti ayam kampung tapi dagingnya lebih empuk, maka jadilah ayam betutu yang lembut. Rasanya tetap pedas khas ayam betutu.

Betutu ini adanya di Warung Liku. Alamat pembuatnya di jalan Subak Dalem IV no 1. Dua satu ciri khas rumah ini adalah adanya cerobong di atap, yang dipakai untuk membuang asap sisa pembakaran, dan sabut kelapa serta arang yaang dijemur di depan rumah, bahan utama untuk memanggang ayam tersebut.

Karena dekat dengan rumah ini, maka saya lebih sering memesan ayam betutu ini ke rumah. Satu ekor ayam betutu harganya Rp 45 ribu. Untuk pesan ini harus pagi-pagi, atau maksimal tengah hari, lalu diambil besok pagi. Kenapa harus pesan? Sebab kalau beli langsung tidak akan ada. Sudah habis dijual di warungnya.

Ngomong-ngomong, sayangnya ayam betutu yang dijual di rumah ini tanpa sayur. Padahal biasanya ayam betutu disajikan lengkap dengan sayur gonda -mirip kangkung tapi lebih pahit, kacang goreng, dan sambal matah.

Tapi kalau di warungnya sih ayam betutu ini dijual lengkap dengan sayur. Warung Liku adanya di jalan Bedahulu. Dari jalan Gatsu Tengah, sekitar KFC dan Ace Hardware, belok ke utara untuk masuk jalan Bedahulu. Warung Liku yang pakai tenda dan memasang spanduk namanya itu ada di kanan jalan seberang kantor Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Badung.

Di warung yang hanya buka setengah hari ini pembeli bisa mendapat ayam betutu lengkap dengan sayur urap kacang panjang, telur rebus, kacang goreng, dan timun. Satu porsi makanan di sini harganya Rp 7000. Harga yang murah meriah untuk rasa berlimpah. [b]

Warung Liku
Jl Subak Dalem Gang IV No 1 (Rumah)
Jl Bedahulu, depan kantor PDAM Badung (warung)
Telp 0361-7441495

Jurnalis lepas, blogger, editor, dan nyambi jadi tukang kompor. Bekerja di lembaga donor yang mendukung petani kecil sambil nyambi nulis lepas di media arus utama ataupun media komunitas. Kuliner, jalan-jalan, isu LSM, HIV dan AIDS, pertanian berkelanjutan, dan kelompok terpinggirkan adalah isu yang membuatnya bersemangat 45 untuk menulis.

Related posts

3 Comments

  1. lodegen said:

    seduk basangae…**salah satu the best two of betutu di Bali setelah gilimanuk yang pernah kunikmati

  2. made erawan said:

    Enak, simple sambal matah and babi kecapnya mak nyos banget,..he he tapi parkirnya sulit banget,…
    Met mencoba,…salah satu makanan Favourite keluarga disamping Warung Krisna di Sanur, Warung Nasi ayam bu Mangku di Ubud and Warung Lawar babi di Banjar Palak Sukawati,…

  3. ekabelog said:

    Warung Liku dimana bli anton?

    di jalan gandapura, Kesiman juga ada Warung Liku tapi ga tahu sama apa enggak….

*

*

Top