Butuh Ojek, Panggil Saja Motor Taxi

Oleh Anton Muhajir

Biasanya ada dua pilihan saya untuk ke bandara Ngurah Rai Bali. Kalau tidak diantar teman atau istri, saya pilih naik taksi. Ini tergantung pihak yang mengundang acara. Kalau pengundang akan mengganti biaya taksi berapa pun besaranya, maka saya akan naik taksi. Tapi kalau pengundang hanya mengganti uang transport, maka saya akan pilih diantar teman atau istri.

Oya, mohon maklum. Sebagian besar perjalanan saya yang menggunakan pesawat adalah karena pekerjaan atau kegiatan yang dibayar orang lain. Jadi, faktor biaya ke bandara itu jadi penting. Kalau biaya naik taksi diganti, berapa pun besarnya, tentu tidak masalah. Tapi kalau hanya diganti sebagai uang transport lokal yang sudah pasti besarnya, maka biaya ini harus dihitung dengan hati-hati. Saya kan tidak mau tekor. :)

Diantar teman atau istri memang enak. Tidak keluar biaya. Kadang lebih cepat pula dibanding naik taksi. Masalahnya, ini juga tergantung si pengantar. Ada tidak. Kalau toh ada, bisa tidak. Belum lagi kadang-kadang merasa tidak enak karena merepotkan orang lain.

Tapi, aha, sekarang sudah ada jawaban murah meriah kalau mau ke bandara. Panggil saja Motor Taxi di 0361 – 7967575!

Layanan ini berupa antar jemput dengan alat transportasi sepeda motor, bukan taksi. Sama saja dengan ojek. Tapi lebih serius. Misalnya ya pakai fasilitas telepon itu tadi. Sepertinya lebih profesional.

Sebenarnya saya sudah melihat Motor Taxi ini sekitar dua bulan lalu. Waktu itu ketika saya sedang di padatnya jalanan Denpasar. Dengan plastik bening penghalang angin di depan berisi tulisan Motor Taxi, sepeda motor ini memang langsung mencuri perhatian. Makanya saya langsung mengingatnya. Tapi belum sempat pakai waktu itu.

Setelah itu saya juga sempat baca di blognya Saylow, teman di Bali Blogger Community (BBC), tentang iklan Motor Taxi ini. Jadi, motor taxi ini makin mudah diingat.

Pekan lalu, saya akhirnya mencoba ojek gaya baru di Bali ini. Sekitar satu jam sebelum ke bandara, saya telepon 7967575 untuk pesan satu motor ke bandara.

“Kalau ke bandara berapa harganya, Pak?” tanya saya ke petugas yang melayani lewat telepon.

“Sepuluh ribu, Pak. Itu harga sama ke semua tempat jauh maupun dekat,” jawabnya.

Ah, ternyata benar. Harganya memang murah meriah.

Pukul 2 siang, motor taxi itu pun nongol di depan rumah saya di kawasan Denpasar Utara. Hanya telat tidak sampai lima menit. Tidak apa-apa. Operator, istilah untuk pengendara sepeda motor itu yang dalam bahasa lain bisa disebut tukang ojek, mengaku kalau dia memang harus mencari-cari dulu alamat rumah saya. Ya, bisa dimaklumi lah.

Motor Taxi memang layanan baru di Bali. Menurut Ketut Eli, 24 tahun, operator yang menjemput saya, layanan ini baru berumur tiga bulan lalu. Eli sendiri malah baru satu minggu bergabung. Selain Eli, ada sekitar 30 operator lain milik Motor Taxi yang berkantor di daerah Padanggalak Sanur, Denpasar Timur ini.

Sehari-hari Eli tinggal Mambal, Badung, sekitar 25 km utara Denpasar. Dia tidak harus ngantor tiap hari. Kalau ada telepon dari kantor, dia baru berjalan mencari penumpang layanan ini. “Operator tidak boleh melayani penumpang di jalan. Semua harus diatur sama kantor,” kata lulusan Sekolah Teknik Mesin di kawasan jalan Seroja Denpasar ini.

Jarak paling jauh yang harus ditempuh Eli adalah Nusa Dua. Selebihnya hanya di dalam kota Denpasar, yang relatif kecil itu.

Karena itu, Eli mengaku kerjanya santai. Kalau tidak ada permintaan dari kantor, dia tidak perlu ngetem atau menunggu di satu tempat layaknya sopir taksi. Cukup bersantai di rumah. Toh, meski demikian tiap hari ada saja penumpang yang harus diantarnya. “Rata-rata tiga hingga empat penumpang,” ujarnya.

Dengan kerja yang menurutnya relatif santai ini, Eli dibayar Rp 750 ribu per bulan. “Lumayan untuk bujangan seperti saya,” kata pemuda yang selalu berbicara dalam bahasa Bali halus pada saya ini.

Menurut Eli, tidak ada syarat khusus untuk jadi operator ini. Sepeda motor Yamaha Jupiter yang dia pakai pun milik kantor dan bisa dibawa pulang tiap hari. Meski demikian dia harus bersaing dengan ratusan pelamar lain untuk bisa mendapat pekerjaan ini.

Siang itu, saya pun ke bandara Ngurah Rai diantar Eli. Motor Jupiter yang kami naiki pun melaju dengan santai ke bandara. Eli di depan dengan rompi warna hijau terang, seperti polisi, dan jaket lengan panjang. Kami lewat jalan Gatot Subroto Timur – jalan By Pass Ngurah Rai agar lebih cepat.

Salah satu niat saya naik motor taxi memang agar cepat. Maka, saya heran ketika sepeda motor itu berjalan pelan. Saya lihat jarum speedometer memang tidak pernah naik lebih dari 60 km per jam. “Kalau di By Pass memang tidak boleh lebih dari 60 km per jam,” kata Eli. Oalah, ternyata begitu. “Malah kalau di dalam kota, tidak boleh lebih dari 45 km per jam,” lanjutnya.

“Tapi itu tergantung penumpangnya juga. Kalau penumpang memang mau cepat ya bisa saja ngebut,” tambahnya.

“Ya sudah. Ngebut saja deh,” kata saya.

Pelan-pelan jarum speedomter itu pun naik: 60, 70, sampai 80 km per jam. Motor taxi ini membuat perjalanan saya memang lebih cepat. Dan murah tentu saja. Hanya Rp 10 ribu. Bandingkan dengan taksi yang sampai Rp 80 ribu..

Jurnalis lepas, blogger, editor, dan nyambi jadi tukang kompor. Bekerja di lembaga donor yang mendukung petani kecil sambil nyambi nulis lepas di media arus utama ataupun media komunitas. Kuliner, jalan-jalan, isu LSM, HIV dan AIDS, pertanian berkelanjutan, dan kelompok terpinggirkan adalah isu yang membuatnya bersemangat 45 untuk menulis.

15 Comments

  1. wawan said:

    kalo dipakai pulang kampung ke klungkung atau bangli, bayar 10 ribu juga nggak ton?

  2. yuni said:

    bs langganan ga?temanku ada yg mo langganan utk antar jemput dia kerja.secara gitu ga bs bw motor..

  3. diah said:

    halooo2…bagi yg butuh info ttg motor taxi n sbgnya bisa ke Brandhall bali (0361)225698-8520652.apalgi klo mau tour cuma 150rbu kesemua tempt wisata di bali..

  4. Yohan said:

    yeeeeee …. sangat menarik, mau coba ah awal april ke Bali jalan2, 10ribu tremasuk murah. gue targetnya make 10 kali. Ndak banyak kemana2 cuma silaturahmi sama teman.

  5. Diah said:

    Boleh dong..saya mau pake ojek Taxinya,kalo utk seharian brp ya ? 17 juni ini sy ke Bali,tlg infonya segera ( Ibu Diah 08129571807 )

  6. Yo-C said:

    Taxi Motor 03617967575,
    maaf saya mow kasi dikit kritik masukan buat taxi motor. saya 2x naek taxi motor, dan ini yang ke-3 kalinya…harga pertama kali telpon dengan yang kedua kali telpon kenapa berbeda-beda, apakah tidak ada standart biaya di kantor taxi motor??? dan untuk lokasi yang sudah jelas dengan nama jalan dan nomor rumah, kenapa office taxi motor tidak dpt menentukan itu di kota atau bukan, dan untuk +an biaya klo ternyata bukan kota harus menunggu sampai saat nya di jemput dan client di suruh menanyakan sendiri ke sopir (org yg akan mengantar). Operator nya yang cewek2 juga terlihat kurang ramah. Kenapa dengan nama daerah, nama jalan lengkap dengan no rumah nya gak tau itu lokasi dengan standart harga berapa…malah tanya balik ke client yang sama sekali belon pernah ke daerah itu dan baru di Bali. Saya kira itu dikit mengecewakan pelanggan. Untuk kedepan nya tolong di office Taxi Motor di sediakan list nama jalan beserta peta Bali sehingga operator telpon juga dapat memberikan info ke client : pada daerah mana saja yg butuh +an biaya dan berapa harga pastinya, jadi walau pemesanan Taxi Motor lewat telpon setidaknya udah ada harga yang jelas untuk keberangkatan client!
    Untuk operator telpon tolong sedikit belajar mengerti lokasi di bali jadi ketika client telpon pesan Taxi Motor tidak menunggu begitu lama untuk menanyakan begitu lama ke org lain lagi di Office.
    Terima kasih buat perhatian keluhan client… sukses selalu buat Taxi Motor!!

  7. budi said:

    kami menawarkan argometer khusus untuk motor agar usaha anda benar2 namanya TAXI MOTOR krn pake argo dan bukan OJEK MOTOR. Penumpang akan lebih nyaman dengan adanya argometer pada taxi motor anda

  8. Ratih said:

    Numpang update info niih,

    Pagi ini saya telepon ke nomor 0361 – 7967575 buat pesen taxi motor, tapi ternyata udah engga beroperasi lagi taxi motornya :(

    teman2 yang lain ada info? saya butuh nih..makasih yaa

  9. Iche said:

    boleh minta no hp yng bisa d hubngi..biar lebih mudah pada saat sy ke bali minggu depan dan bisa tau tarif2x. tlng donk di infokan segera

  10. BROJEK said:

    Ingin berliburan di Bali? tapi memiliki dana yang pas-pasan/tidak memiliki kenalan?
    Ingin barang jualan anda sampai dengan cepat,aman & tepat kepada pembeli anda? tapi anda terlalu sibuk untuk mengantarkan?
    Ingin berbelanja barang atau makanan di supermarket tapi lagi hujan ?

    Tenang, sekarang telah hadir BROJEK!

    BROJEK adalah salah satu usaha baru di bidang jasa transportasi & menjadi salah satu solusi untuk mengatasi masalah kemacetan di daerah Bali.

    Beberapa Layanan yang BROJEK berikan :

    1.Transport Service
    Jasa antar sekali jalan/antar-jemput dengan sistem langganan. Rute untuk antar sekali jalan/antar-jemput meliputi daerah : Denpasar, Kuta, Nusa Dua & Bandara Ngurah Rai.

    2.Instant Courier
    Jasa jemput-antar dokumen/barang (barang kecil&bukan; barang mudah pecah) yg bersifat “urgent” kemanapun di Denpasar&sekitarnya; secepat mungkin.

    3.Corporate Service
    BROJEK siap utk menjadi mitra bisnis anda, untuk pengiriman barang jualan maupun COD. barang jualan anda di jamin akan tiba dengan selamat,aman&tepat; kepada penerima.

    4.Shopping & Delivery
    Jasa yang memudahkan hidup anda dgn menawarkan layanan pembelian barang & makanan di semua lokasi ritel, untuk saat ini BROJEK bisa membelikan belanjaan dengan nilai di bawah Rp.100.000, ketika memesan barang/makanan yang akan anda beli, kami harap pelanggan sudah mengetahui spesifikasi barang yang hendak dibeli.

    Cara Booking :
    1.Telpon/sms* ke 0878 1229 3429, anda membutuhkan layanan Transport Service, Instant Courier atau Shopping Delivery.

    2.Kami akan mengkonfirmasi anda mengenai biaya, jika anda setuju, maka kami akan menjemput/melaksanakan orderan anda.

    3.Jika BROJEK kesulitan menemukan pelanggan, kami akan menelpon pelanggan untuk mengkoordinasikan pertemuan.

    4.Setelah tiba di tujuan, pelanggan langsung membayar kepada BROJEK sesuai jumlah yang di setujui saat pemesanan.

    Contact Person:
    SMS : 0878 1229 3429

    Format Pemesanan via SMS :
    NAMA_ALAMAT/TEMPAT UNTUK DI JEMPUT_ALAMAT/TEMPAT UNTUK DI ANTAR_NO HP

    Contoh :
    BROJEK_Bandara Ngurah Rai_Kuta_087812293429

    Fasilitas :
    1.Sepeda Motor Matic (Beat,Vario dll)
    2.helm & jas hujan(jika cuaca sedang hujan)
    3.Jujur,Ramah,Aman & Nyaman.
    4.Harga Terjangkau.

    Tunggu apa lagi? BURUAANNNN BOOKING …

*

*

Top