Soto Ayam Banyak Pilihan

Teks dan Foto Anton Muhajir

Pilihan soto terenak di Denpasar pun berganti setelah kenal soto ayam Naluriku.

Sebelumnya, soto ternikmat menurut saya ada di Warung Soto Gaul Jalan Pulau Batam di dekat kantor Telkom Teuku Umar Denpasar. Tapi, setelah kenal soto ayam Naluriku, saya langsung berubah pikiran. Soto paling enak itu ya di Naluriku. Warung ini ada di Jalan Hayam Wuruk, Denpasar sekitar 10 meter dari kantor Harian Nusa.

Bagian paling enak dari soto di sini adalah dagingnya. Banyak pilihan. Kalau soto di tempat lain yang rata-rata hanya menyajikan satu jenis, daging ayam.

Nah, di Naluriku ini soto disajikan dalam berbagai pilihan. Saya sebutkan saja semua pilihan isi soto yang ada. Siapa tahu bisa jadi referensi tempat makan. Soto ceker, soto ayam biasa, soto ayam daging kulit, soto ayam tambah daging, soto ayam brutu, soto ayam daging jeroan, soto ayam daging telur muda, dan soto ayam spesial.

Semuanya pakai bahan dari ayam kampung. Daging itu terasa dari kenyalnya. Kalau ayam pedaging pasti sangat lunak. Kalau di sini daging agak alot. Tapi, selama gigi belum ompong, dijamin masih kuatlah menggigitinya. Hehe..

Harganya berbeda-beda. Paling murah soto ceker seharga Rp 5.500 belum termasuk sepiring nasi putih seharga Rp 2.500. Soto paling mahal Rp soto spesial seharga Rp 12.500 seporsi. Saya sih belum pernah pesan dua yang paling mahal, soto ayam daging telur muda dan soto ayam spesial.

Dari sekian menu yang pernah saya coba, menu brutu sepertinya paling enak. Soalnya bisa dapat daging brutu yang kenyal itu. Krez, krez burut ini bercampur sruuuup segar gurihnya kuah. Kalau soto ceker saya tak terlalu suka karena makannya ribet. Kalau soto jeroan ya isinya jeroan seperti hati dan limpa.

Selain banyak pilihan isi, enaknya soto di sini adalah karena kuahnya tentu saja. Dengan tambahan koya, serupa remahan krupuk, di atasnya, soto di sini jadi terasa lebih gurih dan kental. Taburan bawang hijau membuatnya aroma dan rasanya lebih sedap.

Enaknya makan di tempat ini juga didukung enaknya tempat bersantap. Karena warungnya permanen di rumah toko (ruko), jadi terlihat lebih rapi. Enaknya lagi, warung ini buka 24 jam. Susah lho cari warung soto 24 jam di Denpasar.

Kalau soto ayam saja tidak cukup, ada menu lain di warung ini. Misalnya, nasi goreng, ayam lalapan, dan mie kuah. Jadi, pilihan menunya makin banyak. [b]

Soto Naluriku menggunakan
Warung Soto Ayam Naluriku
Jl Hayam Wuruk No 220
Tanjung Bungkak Denpasar
Telp 0361 – 225192

Jurnalis lepas, blogger, editor, dan nyambi jadi tukang kompor. Bekerja di lembaga donor yang mendukung petani kecil sambil nyambi nulis lepas di media arus utama ataupun media komunitas. Kuliner, jalan-jalan, isu LSM, HIV dan AIDS, pertanian berkelanjutan, dan kelompok terpinggirkan adalah isu yang membuatnya bersemangat 45 untuk menulis.

Related posts

One Comment;

  1. tukang makan said:

    soto nyaaa…lumayan,agak kurang rasa dikit..yaaa tp oke lah masih dlm batas toleransi..diracik2 dikit juga mangtabs..tp ternyata mmg ga 24 jam, tutup nya biasa jam 3 pagi.buat yg sk laper malem2 tmpt ini layan ns diandelin :p

*

*

Top