Membedakan Iphone Asli dan Palsu

Teks Ari Budiadnyana, Ilustrasi Internet

Siapa yang tidak mengenal iphone? Ayo ngacung?

Iphone si gadget canggih yang bisa digunakan sebagai hiburan sekaligus komunikasi, seperti menelpon dan SMS. Saya mungkin bukan seorang yang gadget freaks or gadget minded, cuma ingin sekadar berbagi info-info ringan mengenai si Iphone ini.

Yang saya bagi adalah info mengenai pengetahuan dasar saja. Dasar yang sangat ringan yang tidak perlu harus membaca berulang-ulang tulisan ini untuk mengertinya.

Baik mulai saja !!!. Dalam Iphone ini akan ada istilah mengenai Iphone yang FU atau SU. Apakah ini FU dan SU? Iphone FU sering disebut Factory Unlock adalah Iphone yang sudah diunlock langsung dari pabriknya. Unlock di sini berarti Iphone tersebut bisa digunakan langsung dengan menggunakan sim card apa saja tanpa perlu proses unlock lagi, karena sudah diunlock oleh perusahaannya. Tidak perlu lagi menunggu adanya unlock tools untuk menggunakannya. Biasanya Iphone ini lebih stabil dari yang SU, cuma harganya bisa lebih mahal dari yang SU.

Iphone SU sering disebut Software Unlock atau Sim Unlock. Iphone ini sudah dilock hanya digunakan untuk suatu carrier (provider) di suatu negara tempat iphone ini akan dijual. Jadi agar bisa digunakan untuk provider selain provider yang dilock, harus diunlock dulu dengan menggunakan software unlock tools.

Prosesnya pun jadi lebih ribet dari Iphone yang FU. Kita harus lebih berhati-hati lagi dalam proses unlock ini, karena unlock toolsnya harus sesuai dengan sistem operasi(IOS) atau firmwire Iphone yang akan diunlock. Salah menggunakannya berakibat buruk dari sering error sampai dengan mati total. Keuntungannya, harganya bisa lebih murah dan terjangkau dibandingkan dengan yang FU.

Terus cara membedakan atau mengetahui Iphone itu FU atau SU? Untuk info ini saya hanya tahu dari melihat model number iphone tersebut yang bisa dilihat dari Settings-general-About cek listnya di sini.

Lainnya, mungkin dengan melihat carrier bawaannya biasanya ada di box, tapi itu saya juga hanya menduga, saya hanya tahu dengan melihat modelnya. Maafken saya. :)

Terus lebih baik beli yang mana FU atau SU? Kalau punya uang lebih dan tidak mau ribet dengan proses Unlock, ya, mending beli FU saja. Dan kalau punya uang lebih janganlah tergoda untuk membeli BB alias Black Berry, dijamin kenikmatan yang didapat jauh lebih nikmat si Iphone ini. BB hanya nikmat untuk BBM-an. Ini hanya pendapat pribadi.

Selain FU dan SU juga ada namanya Jailbreak. Jailbreak adalah proses untuk “membobol” Iphone, sehingga memiliki kemampuan lebih dari default bawaan Iphone tersebut. Kita bisa menambahkan lebih banyak aplikasi lagi dan juga bisa menggunakan aplikasi bajakan kalau tidak mau membayar dari Itunes Store.

Terakhir, ingat selalu berhati-hati untuk membeli produk Iphone ini karena sangat banyak beredar replika Iphone yang dilihat dari kotak, bentuk, dan tampilan sangat-sangat mirip. Belum lagi dari nama dan logo yang mirip Iphones, Iphonetm,Iphone, dll. Apalagi kalau ada aplikasi Dual Simcard atau TV, bisa dipastikan itu palsu.

Selain itu bisa dicoba layar sentuhnya, kalau sudah tidak lancar dan bisa menggunakan kuku untuk menslide atau menekan dipastikan itu adalah Iphone Palsu. Dari isi bisa dilihat dari ketersediaan itunes dan bisa dicek dari ada atau tidaknya informasi lengkap Iphone tersebut di Setting-Genereal-About.

Demikian tulisan ini semoga bermanfaat bagi yang membaca. Suksma. [b]

3 Comments

*

*

Top