Waspada: Penipuan Berkedok Malkist Roma

Teks Ni Putu Diah Eta Tritintya, Foto Ilustrasi Kaskus

Merasa ketiban durian runtuh malah ketiban buntung.

Mungkin itu ungkapan yang cocok untuk beberapa korban penipuan berkedok undian berhadiah Malkist Roma Kamis lalu.

Maraknya penipuan berkedok undian berhadiah akhir-akhir ini mulai meresahkan warga. Modusnya menyebarkan kupon berhadiah berkedok Undian Berhadiah Malkist Roma. Di situ tercantum bahwa pihak PT Mayora Indah Tbk sebagai pihak penyelenggara. Bahkan ada surat pernyataan secara tertulis bagaimana cara pengambilan hadiah, cap dan tanda tangan resmi.

Fakta yang lebih mengherankan lagi, dalam kupon undian tersebut terdapat Surat Keterangan Kepolisian dengan no Pol: SKEP/27/IV/2010/SAT KK yang dikeluarkan langsung oleh Polda Metro Jaya Jakarta. Surat ini disahkan oleh Kombes Pol.Condro Kirono, SE. Sungguh fakta yang mencengangkan.

Menelisik lebih jauh, kami mencoba mengonfirmasi kebenaran kupon tersebut melalui contact center yang tertera dalam kupon. Namun, sejak awal kami telah curiga karena no itu sangat sulit dihubungi. Menurut keterangan pelaku para korban dijanjikan hadiah undian 1 unit Toyota kijang Innova. Hebatnya, dengan lantang dan jelas pelaku mengonfirmasi surat keterangan kepolisian yang tertera di kupon untuk meyakinkan para korbannya.

Pernyataan tersebut senada dengan kesaksian Astika (nama samaran), salah satu korban. Menurutnya para korban diiming-imingi hadiah mobil Kijang Innova. Karena cara bicara dan penjelasan pelaku menyatakan isi surat keterangan kepolisian tersebut secara gamblang, maka para korban tidak menaruh curiga kepada pelaku. Mereka pun tertipu.

Hadiah yang ditunggu tunggu tak kunjung tiba. Para korban terus menerus menghubungi pelaku untuk mengkonfirmasi. Namun, pelaku mulai menghindar. Terbukti dengan telpon atau sms yang tak pernah ditanggapi pelaku. ”Awalnya saya percaya. Tapi belakangan saya hubungi ke no itu selalu direject. Di-SMS juga gak direspon,” ungkap Astika.

Hal senada diungkapkan Asih (nama samaran). “Awalnya saya tanya, “Pak, PT Mayora Indah itu apa punya cabang di Bali? bagaimana kalau saya ambil ke kantornya langsung?”. Tapi, dia bilang PT itu hanya punya cabang di Surabaya. Dari sana saya agak curiga. Untung saya belum bayar apa-apa,” ungkap wanita paruh baya ini.

Menanggapi kesaksian para korban, saya melakukan konfirmasi kepada pihak terkait. Melalui line telepon kami menanyakan kebenaran surat keterangan kepolisian tersebut. Petugas Polda Metro Jaya yang bertugas menyatakan bahwa surat keterangan kepolisian No Pol: SKEP/27/IV/2010/SAT KK tersebut tidak benar adanya.

Tak cukup dengan keterangan petugas kepolisian, kami ingin mengonfirmasi kebenarannya kepada pihak penyelenggara, yakni PT Mayora Indah Tbk yang bertempat di kawasan Gatot Subroto Barat, Denpasar.

Menurutnya pihak PT Mayora Indah Tbk tidak menyelenggarakan undian berhadiah dalam periode ini. Bahkan menurutnya beberapa hari ini sudah banyak yang datang dan menanyakan tentang kebenaran kupon berhadiah tersebut. ”Tapi untunglah mereka (para korban) berinisiatif untuk mengecek kebenarannya dulu,” ungkap salah satu karyawan PT tersebut. [b]

Tags ,

cwe sederhana,yang setiap langkahnya bagai angin,yang kadang ada,kadang tiada...,yang tak pernah dapat diikat di setiap langkahnya

Related posts

53 Comments

  1. dewi mahardila said:

    saya juga mendapatkan undian berhadiah tersebut. saya disuruh membayar 3 juta untuk balik nama surat2 mobil. benar atau tidak?? saya tidak tau.. yang pasti saya akan menyelidikinya terlebih dahulu.

  2. Lina said:

    Saya mohon pihak PT.Mayora Indah menanggapi kasus pinipuan tsb.yang banyak meresahkan kalangan masyarakat yang awam.

  3. Izalesta said:

    Saya dpt kupon berhadiah PT Mayora Indah Tbk dng PIN: T 1921 J
    Dapat 1 unit Mobil Mazda 2.
    Setelah saya tlp, minta transfer dana Rp 3,4 juta.
    Penasaran akhirnya saya datang ke jakarta untuk cek kebenarannya.
    Ternyata semua itu Bohong..!!!

  4. mustafa kamal said:

    saya jugak salah satu penemu kupon tersebut saya merasa sangat bingung apakah hadiah yang tertera di kupon tersebut – betul-betul ada.tetapih sayang kalau memang itu tidak ada sayang masyarakat yang awam ini beranggapan bahwa pt.mayora indah tbk. adalah pt.penipu apalagi para penemunya sudah di beberkan ke seluruh wartawan di indonesia

  5. isul said:

    Kakak iparku dapet kupon berhadiah dari sebuh sabun cuci. Tapi kok bisa ya ada didalam sabun cuci. jangan-jangan sabun cuciinya palsu. Dan mungkin malkis crackernya palsu juga….

  6. dencil said:

    bapak angkat saya jg dapat kupon hadiah dari roma malkits. tp d suruh transfer uang 4,7jt. mohon d tindak lanjuti pt mayora sblm lbh bamyak korban

  7. abu said:

    Saya juga dpt kupon berhadiah PT Mayora Indah Tbk dng PIN:905 trl 237
    Dapat 1 unit Mobil Kijang Innova G.
    Setelah saya tlp Ko minta transfer dana Rp 5,3 juta.
    Penasaran akhirnya saya buka internet saya cari layanan konsumen PT MAYORA INDAH Tbk untuk cek kebenarannya setelah dapat nope tsb dan saya telp .
    Ternyata semua itu Bohong..!!!awas penipuan.

  8. SUBAHAN said:

    saya juga dapat tu kupon dengan kode pin 312 TRL 237.. dan saya diminta menyelesaikan administrasi BBN STNK, BPKB, yang harus diselesaikan terlebih dahulu di perbankan terdekat…. saya sih tidak mau…. tanpa alasan yang tidak jelas mengirim uang dengan jumlah yang tidak sedikit bagi saya yaitu sebesar 3.8 Juta…. sya angsung buka internet dari situs PT.Mayora TBK…. dan ternyata itu hanya tipuan belaka…. hati2 ya jangan sampai tertipu…… I Love You……

  9. Agus Sugianto said:

    Wah, Aku baru saja di telpon Ibuku di rumah, katanya adik juga dapet undian berhadiah Toyota Yaris. Awalnya seneng juga, tapi untungnya aku lagi dikantor jadi bisa search di internet tentang undian dari Malkist Roma ini. Ketauan deh kalo penipuan…. Andai aja bukan penipuan ya? Pasti seneng banget…. Mana mau lebaran lagi!!! Hehehe…. Bisa buat mudik tuh mobil….

  10. YOSI said:

    SAYA JUGA MENDAPAT KAN 1BUAH KUPON BERHDIAH DRI MARKIS ROMA….DAN SAYA JUGA TELEH CEK DI WARNET TPI INI GK ADA …..AWAAAAASSSSSS

  11. SP said:

    lucu juga baca2 komen di atas, soale baru saja, pagi ini saya jg dpt hadiah utama dari pt ini yg berbentuk semacam hologram, yg sayangnya dari cetakannya aja meragukan…klo bener PT Mayora mngeluarkan semacam undian berhadiah, pasti cetakan dan hologramnya bagus dan eksklusif, ga seperti ini, burem seperti poto kopi berwarna…tapi lumayanlah bikin deg degan, haha…

  12. DINA said:

    hahaha…. kakak q dapat kupon hadiah dri pt.mayora
    katanya dapat mobil mazda.. untung langsung dilihat internet..
    dikira bener… biza buat jlan jlan lebaran deh…
    ternyata penipu…… nie nomer pinnya 9747 oc
    awaz kau penipu…!!!!! nek ketemu tak sate kon yo……….!!!!!!!!!!!!!!

    DIAMPUUUUUUUUUUUUUUUUUTTTTTTTTTTTTTTT………………!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

    • noer said:

      sedulur smua awas ni mau lebaran banyak penipuan,so hati2 jngn tertipu oleh oknum yg tak bertanggung jawab

  13. Totok Sb said:

    Dasar Penipu…saya jg dapat kupon hadiah dr malkis roma dpt hadiah mobil Mazda
    dgn no pin 9747 Oc..ternyata bohong.saya sempat ke jakarta untungnya saya mampir
    ke rumah saudara dan buka internet ternyata sdh banyak korban.jadi hati hati …

  14. JANTI said:

    Aq juga barusan dapet kupon hadiah i unit kijang toyota ternyata palsuuuuuuuuuuuuu setelah di cek di internet ………. wah piye iki Mayora … biscuit e yo palsu tah ?

  15. antok said:

    horok…..ak jga dapat toyota yaris.stelah tak cek rupanya ngapusi alias palsu….

  16. PADIL said:

    KALO BETTER SAMA GAK DENGAN MAKANAN YANG DIATAS KARENA SAYA JUGA MENDAPAKAN KUPON YANG SAMA PADA MAKANAN BETTER?

  17. friska said:

    apakah pd malkist abon juga ada kupon berhadiah ny????
    saya mendapatkan kupon ny yg berhadiah toyota yaris

    apakah itu benar?

  18. agung mustofa said:

    hahahahaha baru saja aku eo dapet kupon hadiah toyota yaris…….. eo nyaris ketipu tenan…

  19. zahra said:

    Kok bisa bohonggg??????????…padahal kupon juga aku dapat dari dalam malkist roma,….berhadiah utama mobil mazda2…untung belum transfer……

  20. aditya said:

    Saya juga mendapat lembar pengumuman dalam bungkus malkist..hadiahnya mobil toyota yaris, untungnya saya masih sempat browsing internet..eh ternyata promonya itu penipuan..alhamdulillah saya masih belum sempat transfer uang 2,9 jt yang katanya untuk biaya balik nama….mudah-mudahan ini tidak sampai terjadi pada kawan2….HATI-HATI !!!

  21. akhiyat said:

    awas loe penipu, caranya buang selebaran kupon undian pt mayora dan kopi ABC berhadiah di depan rumah, untung loe langsung kepergok aq, dia langsung lari

  22. andre said:

    saya juga mendapatkan kupon berhadiah dari pt. mayora indah tbk,,
    saya dapat 1 unit mobil toyota,,,
    lalu saya telefon,, saya di suruh membayar uang administrasi sama balik nama sebesar 3 juta,,,,lalu saya mau bayar lewat kantor pos,,,,,
    kata pt.mayora indah tbk,, mobil saya akan datang hari ini jam 5 sore,,,,
    setelah saya tunggu sampai jam 5,,, mobil saya tidak datang”,,, saya jadi a curiga,,,
    baru saya slidiki di internet ternyata ini penipuan,,,,,,,,,
    saya kaget saya sudah kena tipu,,, tpi saya pasrah saja,,, saya berdoa kepada tuhan,, semoga orang” yg suka menipu kena karma a,,,,,

  23. mudjahirin thohir said:

    Mohon agar tidak terjadi penipuan lagi dan tidak merugikan pt malkits roma sendiri termasuk perusahaan2 lain yg namanya sering dicatut untuk seakan-akan memberi hadiah tetapi ternyata palsu, tolong perusahaan ybs membuat pemberitahuan lewat mass media baik koran atau televisi.

  24. joko said:

    PT.MAYORA INDAH.eeh,kontol,kalau mau laris produk nya,gak usa degan cara meni pu lo,degancara masukin,kupon berhadia pula,yang masuin kupon itu,dimasu in oleh perkerja pt.mayora indah tbk,itu sendiri.siap itu dibilang penipuan.kerja yang tidak ber tanggung jawab,pekerja pt.mayora indah,pembohong semua.

  25. Joe wheller said:

    Aq jg dpt kupon beng beng ats nama pt mayora indah tbk pd wkt nyapu d latar.
    d situ tertulis ‘mendapat 1 unit nissan juke’.karena curiga maka q brows d internet bwt cros check kbnaranny.
    eh. . . .ternyata,sedihny itu palsu.
    senangnya aq blum ketipu.
    bwt yg laen hati2 aja. . . Cari duit sekarang susah. . .
    TIADA ROTAN AKARPUN JADI.
    GA ANA SING DIPANGAN NGAPUSIPUN DILAKONI.

  26. yeni said:

    saya juga baru dapat kuponnya, mereka minta uang STNK dan uang lainnya, di dlm nya ada nomer yg bisa dihubungi ( 021 ) 4955-9155

  27. mery said:

    penipuan kopun yang terjadi pada makanan beng beng produksi PT Mayora Indah Tbk ada dua dugaan, pertama perusahaan itu sendiri menipu, karena kupon itu terdapat dalam kemasan dan kedua makanan beng beng itu palsu atau orang lain yang memasukkan kupon dalam kemasan. Sindikat penipuan ini harusnya diperiksa oleh kepolisian dan menelusurinya, karena dalam kupon itu dicantumkan no telepon 021-36666797

  28. rizky said:

    Ane juga dapet kupon itu
    Dari beng-beng
    Tapi untung ane langsung browsing .
    Dan allhamdullah tidak tertipu
    Thank’s for the information

  29. iyaz said:

    Duh Gusti… saya juga dapet kupon kemarin tgl 7 Nov’12. Sempat seneng, tapi ya karena penipu biasanya lebih bodoh… ya aku gak bisa ketipu . Hati-hati kepada masyarakat yang dapet kupon undian lengkap dari beng-beng…. lebih baik browsing dulu biar aman…..

  30. SAHRUN said:

    saya juga mendapat kupon berhadiah lansung bengbeng satu unit mobil nisan juke terus sy telponke layanan konsumen yangg ada di kupon berhadiah yang terima atas nama tara handoko,mengaku sebagai menejer pemasaran pt mayora indah tangerang mnyuruh sy mengimkan dana pengurusan sebesar 4.750.000.

  31. anto said:

    anjrit gua jg dapet kupon ini…dapet nisan juke…taunya ketipu…haaaaah sempat seneng jg tp gk jd

  32. intan junita said:

    saya jg dapat kupon undian…….haha…..hadiahnya nisan juke………ternyata setelah searcing hehe…….penipuan lagi

  33. yanto said:

    saya juga mendapat kupon yang sama,..semula saya senang kalau semuanya nyata karna di kupon itu dijanjikan akan mendapat hadiah utama mobil nisan juke,..karna sudah larut malam iseng iseng mencari informasi tentang kuis beng beng dari pt mayora tbk tersebut di internet sampai saya menemukan berita ini ternyata kupon tersebut palsu,..di blok lain saya juga menemukan keterangan yang menyatakan pt mayora betul mengadakan kuis berhadiah dalam kemasannya tetapi tidak dalam bentuk kupon terpisah dalam bentuk kertas tetapi mejadi satu dengan bungkus makanan tersebut di dalamnya.jadi siapapun yang mendapatkan kupon undian dari dalam bungkus makanan tidak menjadi satu dengan plastik bungkusnya diyakini ini kupon penipuan

  34. Kalyano said:

    gan temenku jg dapat kupon, kalo kupon2 undian berhadiah tersebut tidak benar di kemasan produk ternama itu,jadi produk yang di kemas n dipasarkan juga jangan2 tidak asli…..? tp masa ia produknya jg palsu ?

  35. norman aceh said:

    SAYA JUGA DAPAT NI,GMANA AGAN2? NIPU JUGA YA?
    SAYA DAPAT MOBIL NISSAN JUKE NO.HOKI ;SBS 741 NO.TEL ; 021-2685 9444
    SAYA HERAN KENAPA KUPON TSB ADA DLM KEMASAN SNACK PRODUK MAYORA,JGN2 ADA UDANG DIBALIK BATU….MOHAN PENJELASANNYA.TQ

  36. wydiels said:

    saya juga dapat nissan juke…sialan..pembohong ..untung aku lihat di website.aku ga jadi tertipu…he..he..

  37. hifansyah said:

    saya juga dapat undian tsb yang berbunyi surat sah dari pt mayora indah tbk dan surat keterangan dari kepolisian no. pol: SKET / 468/ SMV/- TTD/ 2012-2013 dan juga hologram dengan no 277 RJ MOHON untuk pt mayora tbk untuk dikonfirmasi ke alamat email saya terimakasih.

  38. utomo said:

    haha adik saya kemaren sore kegirangan gak tau kenapa dia bilang dapet mebil JUKE wkwkw saya meringis ,ternyata hanya penipuan, untung saya tanya dulu sama mbah google ;)

  39. galuh said:

    akh,, 2 x ni ketipu dengan kupon….??? coba untk pt mayora, untuk di tindak tegas,, masalahnya saya dpt kupon di dalam beng-beng,,?? makasih

  40. Reeka said:

    AyahKu juga dapet… untung browsing duluan, n dapet info dari temen semua.
    good bye NISSAN JUKE… Sekarang Bahagia dengan kejujuran
    aws u/korban selanjutnya!!!!

  41. zakiyah said:

    adekku jg dpt n administrasinya 3 jt …padahal kita pda kegirangan pengen jlan2 pake mobil baru eh…trnyata adikku trtipu…wkwkwkwkwkwk

  42. iffa said:

    wkwkwk ane ngakak dlm hati, adik ane jg br aj dpt kupon undian berhadiah nissan juke dr dlm kemasan beng beng maxx… eh setelah ane coba cari di internet ternyata ad bnyk tmn yg kena tipu jg… utk PT. MAYORA INDAH TBK harap segera di tindak lanjuti kasus ini k kepolisian. jika ad 2 org / lebih yg tidak terima dengan kasus ini bisa2 d tarik semua 2 produk beng beng maxx

  43. Akhyar Rhasydin said:

    Hahahahaha,…. jdi pengen ketawa sendiri,… awalnya deg2an +BAHAGIA krna dpt 1 MOBIL NISSAN JUKE DARI MAYORA (BENG-BENG) Dengan No HOKI 021 AM Nama General Managernya TARA HANDOKO si BOROKOKOK,… Tahu penipuannya krna banyak keGanjilan2 yg di bicarakan di Tlp Oleh Si TARA BORORKOKOK, Nyuruh Transfer Uang Sebesar Rp, 4Jt dgn alasan utk mengurus STNK & BPKB, seteleh saya fikir2 kok perusahaan SEBESAR PT. MAYORA INDAH Tbk tak mampu mengeluarkan uang sebesar Rp, 4jt, kalau memang bnr knpa tidak langsung di kirim az Mobilnya Amplop…. gkgkgkgkgkgk….. WASPADALAH…….WASPADALAH…….WASPADALAH…….WASPADALAH……. jgn SAMPAI TERTIPU… awas hati2 dgn No ini 02144587477 an Tara Handoko Borokokok

  44. yuli ma'murowati said:

    asemm,, wis seneng2 malah lemboan,,, kupon hadiah langsung,, ku kira bneran,, soalnya ada surat kterangan kepolisian dan surat pemberitahuan resminya juga,, malah di apusi,, mangkel atiku,,,

*

*

Top