Menyelami Keindahan Situs Taman Segara

Bagi pecinta menyelam, belum lengkap kalau belum mengunjungi Pulau Bali.

Pulau ini memiliki banyak sekali tempat menarik untuk dinikmati. Setiap sisi Bali bisa dikunjungi mulai dari timur sampai ke barat, dari selatan sampai ke utara. Di sebelah utara bali terdapat satu lagi tempat yang menjanjikan untuk dikunjungi para penyelam. Tempatnya sangat unik, dari bibir pantai juga tidak jauh, sekitar 10 – 12 meter. Di sana Anda bisa melihat keindahan bawah laut utara Bali.

Tempat baru ini bernama Taman Segara di Desa Penuktukan. Keadaan bawah laut Desa Penuktukan, Kecamatan Tejakula, Kabupaten Buleleng masih terjaga. Hal ini karena masyarakat menjaganya bersama-sama. Para nelayan juga tidak diperbolehkan menangkap dengan cara-cara tidak ramah lingkungan. Misalnya dengan sianida dan potas.

Penangkapan ikan dengan cara tak ramah lingkungan ini memang pernah terjadi di tahun 1990 awal. Namun, sekarang sudah tidak lagi terlihat. Sekarang, karang-karang pun hidup. Ikan-ikan sangat banyak terlihat di sekitar karang. Semua menyambut para penyelam tanpa risih sedikit pun.

Taman Segara merupakan situs selam baru di Bali. Sebelumnya sudah ada situs selam serupa di Pulau Menjangan, Desa Pemuteran, dan kawasan wisata Lovina.

Menurut Ketua Kelompok Nyoman Wartawan yang juga mantan kepala Desa Penuktukan dengan menyelam di Penuktukan kita bisa melihat dive spot angel canyon. Hal ini yang paling menarik dibandingkan tempat-tempat lain di Bali.

Pembukaan Taman Segara dilakukan oleh Bupati Buleleng Putu Agung Suradnyana. Acara tersebut mengundang banyak penyelam, baik dari Bali, luar Bali, ataupun dari mancanegara. Sekitar 40 penyelam turun serentak melihat keindahan bawah laut Taman Segara. Beberapa di antaranya menyatakan puas dan mau kembali untuk mengajak tamu kembali ke Taman Segara.

Selain bagus untuk menyelam, tempat ini juga bagus untuk snorkeling. Hannah, relawan asal Australia yang merasakan snorkeling menyatakan kekagumannya pada alam bawah laut Taman Segara. Hannah berjanji akan kembali dan mengajak rekannya untuk melihat dan sekadar menginap untuk melihat kehidupan masyarakatnya dari dekat.

Semoga Taman Segara terus terjaga kelestariannya. Agar Buleleng tidak hanya terkenal dengan wisata air terjunnya tapi juga menjadi Wisata Bahari andalan di Pulau Bali. [b]

Fadlik Al Iman

Pegiat lingkungan di Yayasan Alam Indonesia Lestari (LINI) Bali.

Related posts

One Comment;

*

*

Top