Pinatih.org Diresmikan Gubernur Bali Made Mangku Pastika

Oleh Kadek Didi Suprapta

Setelah sekitar dua bulan bergelut dalam pengembangan dan desain website (tepatnya sebuah blog) warga www.pinatih.org.. Akhirnya pada hari yang sangat bersejarah, tanggal 26 Oktober 2008 lalu bertepatan dengan Mahasabha Pertama Warga Arya Wang Pinatih, website ini resmi menjadi website warga dan disahkan sebagai media informasi dan komunikasi paiketan.

Berawal dari pertemuan kami bertiga, saya sendiri, Wawan dan Dewi dalam blognya Wawan, akhirnya kami bersepakat untuk kopdar di sebuah warung di Kuta. Dari sinilah akhirnya tercetus untuk membuat website. Tujuan awalnya hanya untuk berbagi informasi secara informal antar sesame warga. Dari sana, kemudian terbeli sebuah domain pinatih.com. Dalam waktu sekitar dua minggu, desain awal dan konsep website tergambar dalam pemikiran kami.

Meski hanya berbekal beberapa literature, kami memposting beberapa tulisan. Dengan berbekal kamera seadanya, kami berkeliling Bali, mengabadikan pura-pura kawitan yang disungsung oleh Warga Arya Wang Bang Pinatih. Dalam sebulan terbentuk sebuah website yang masih sangat sederhana.

Meski masih sangat sederhana, dan belum lagi genap berumur sebulan, respon pengunjung website ternyata sangat bagus. Dari forum dan buku tamu yang kami sediakan, terlihat antusiasme warga untuk berbagi dan mendapatkan informasi seputar Warga Arya Wang Bang Pinatih.

Dalam beberapa minggu, website ini sampai ke tangan Panitia Mahasabha Pertama. Pada satu rapat persiapan mahasabha di Hotel Wito Denpasar, website ini pertama kali diperkenalkan kepada warga. Disinilah secara langsung, website ini direstui dan mendapat apresiasi dari panitia Mahasabha. Disini juga dengan persetujuan panitia, ditambahkan lagi satu domain, www.pinatih.org, yang kemudian menjadi website resmi Warga Arya Wang Bang Pinatih.

Berbekal restu ini, semangat kami menyala, beberapa kali malam mingguan kami lewatkan bertiga, pacar kami hanya laptop, free hotspot, dan beberapa ribu harga makanan di sebuah warung di Jalan Hayam Wuruk. Sementara Mahasabha tinggal hitungan hari, kami berusaha menyelesaikan website ini sebelum Mahasabha. Dengan harapan pada saat mahasabha kami sudah bisa mendemonstrasikannya di hadapan warga.

Dan hari bersejarah itu akhirnya tiba, website www.pinatih.org sudah diakui dan akhirnya diresmikan oleh Gubernur Bali, Made Mangku Pastika, ditandai dengan pemukulan gong sebagai tanda pembukaan Mahasabha dan sekaligus peresmian website.

Haru, bangga. Teman kami nyaris meneteskan air mata saking harunya. Akhirnya, usaha kami untuk mempersembahkan media yang semoga bisa menjadi media tercapai sudah. Meski masih jauh dari kesempurnaan, semoga website ini, sesuai harapan dari kebanyakan pengunjung, bisa menjadi media yang bisa mempererat pasemetonan warga Arya Wang Bang Pinatih dimana pun berada.

Harapan kami, Mahasabha ini bisa menjadi media pemersatu warga Arya Wang Bang Pinatih khususnya, dan masyarakat umunya. Pembentukan paiketan bukanlah usaha untuk menajadikan diri lantas merasa ekslusif atau untuk tujuan jor-joran. Atau bertujuan menggalang kekuatan politik untuk kepentingan politik tertentu.

Semua berharap, dengan Mahasabha dan resminya paiketan ini, ditunjang dengan website ini, komunikasi makin terjalin. Kebersamaan makin terasa. Menegakkan swadhrama agama dan swadharma negaa. [b]

Didi Suprapta. Akrab dipanggil Didi atau Dek Didi. Lahir di Songan, sebuah desa di pedalaman Kintamani tepatnya pinggiran Danau Batur. Mempunyai minat besar pada blogging dan pemanfaatan internet sebagai media promosi untuk menggantikan model promosi konvesional. Dapat dijumpai di blognya: http://www.ikads.com

Kontributor Jurnalisme Warga Bali

Related posts

8 Comments

  1. Luh De Suriyani said:

    aduh, raga masuk klan apa ne bli?? perlu cek DNA ga? emang ada DNA klan? hehe.. betewe, selamat ngayah gen bli. semoga jotan lancar …. coba tak tengok website na

  2. lulahgen said:

    cobalah ku lihat dulu.. tapi salut ama kamu.. moga restu betare manik angkeran… om shanti

  3. susan said:

    terimakasih ada media ini, saya sebagai warga arya wang bang pinatih sangat bangga , karena jadi bisa lebih dekat dengan saudara-saudara se jagat.

  4. rahtwo said:

    terima kasih atas kemajuan dari semeton yang memfasilitasi media info tentang trah “pinatih” semoga kita yang berada jauh dari kawitan dapat mengikuti perkembangan dan tidak ketinggalan dari semeton yang ada di bali, inggihh..seksema…untuk semua semeton sareng sinami, salam rahtwo-kupang ntt

  5. i putu said:

    OSA
    saya sangat senang dengan adanya media ini, selaku warga pinatih dapat berkomunikasi dengan semeton pinatih, mhn info semeton yang ada di jakarta

  6. made agus dharmadi said:

    salut akan hadirnya media ini. (warga Arya bang br petak singaraja-bali)

*

*

Top